Nov 23, 2013

TENTANG GOVERNOR CPU ANDROID

CPU Governor Pada Samsung

Governors adalah skema yang digunakan oleh kernel untuk menentukan bagaimana mengontrol frekuensi prosesor HH kita. Dan ini sangat penting dan berpengaruh dalam hal penghematan batere atau peningkatan perfomance Android kita. Untuk mencoba semua governor ini kernel kamu harus support. 
Berikut ini plus minus bermacam2 Governor yang tulis oleh N7van dan tips menghemat batere menggunakan setCPU dari Hafidzurrahman.
Performance/Always Max
Performance memaksa CPU untuk jalan di frekuensi maksimum secara konstan, jadi kalo disetting max 1000 CPU bakal jalan 1000 terus
plus: Better performance and speed.
minus:membuat konsumsi power sangat tinggi, battery boros, bisa bikin device overheat
Powersave
Powersave memaksa CPU jalan di frekuensi minimum secara konstan, gag selalu jalan minimum hanya memaksa sebisa mungkin di frequensi minimum.
plus: yup konsumsi power sangat kecil, battery life gag diragukan lagi, bakal hemat
minus: Poor performance and speed, ngelag, lebih besar kemungkinan app force close, random restart
kalo HHnya cuma buat SMS doank pake ini aja gan
Userspace
Userspace bukan dari governor manapun, setting ini memberi kebebasan kita untuk mengatur sendiri frekuensi cpu, saya tidak sarankan menggunakan settingan ini
plus: None.
minus: Sangat jarang kernel develop gunakan setting ini
saya gag pernah liat kernel developer memasukkannya di setCPU mereka
Ondemand
Ondemand: cepat banget untuk menaikkan frekuensi dan menurunkannya, saat booting frekuensi berjalan sangat cepat, namun setelah booting langsung turun ke skala terendah, sangat bagus untuk keseimbangan battery dan perform, Ondemand dengan kata lain menyetting frekuensi CPU sesuai kebutuhan.
plus: Good performance,good battery life.
minus: CPU frekuensi secara konstan naik atau turun mendadak, menyebabkan menguras power dibandingkan frekuensi yang di set frekuensi middle.
cocok buat yang jarang” buka game HD atau aplikasi yang membutuhkan frekuensi CPU tinggi, yg lebih sering terima sms,chat,dll
Conservative
Conservative ini berlawanan dengan Interactive dan berbeda dengan Ondemand (yang secara mendadak naik turun frekuensi dengan cepat). jadi frekuensi CPU di scaling Conservative untuk meningkat ke frekuensi paling tinggi, Conservative naik secara lambat, namun untuk turun ke frekuensi terendah bakal seperti terjun bebas.
plus: Secara teori sih battey life lebih bagus dibanding Ondemand karena naik tidak secara mendadak, menaikkan frekuensi CPU kalo bener” memang dibutuhkan.
minus: karena pelannya menaikkan frekuensi, ini berarti saat launching aplikasi atau booting device bakal sedikit ngelag dan lambat.
Interactive
Interactive lawan dari Conservative. ke max frekuensi cepat, namun saat turun ke frekuensi terendah turun secara perlahan.
plus: respon bakal cepat.
minus: karena naik ke frekuensi paling tinggi lebih cepat, jadi nyedot batterynya juga lumayan
cocok buat user antilag and anti ama lola (loading lama)
Smartass
Hampir sama dengan Interactive, tapi secara otomatis menurunkan maksimum frekuensi di CPU saat phone Idle ato sleep.
plus: Sama dengan Interactive, secara teori better battery life jika HH lebih sering sleep
minus: Sama dengan Interactive, CPU turun dengan lambat setelah tidak digunakan (dari aplikasi apapun). beberapa kasus di scaling ini membuat frekuensi CPU terlalu rendah, hal ini membuat hh malfunction dan tidak merespon (ngehang), salah kaprahnya deepsleep
Smoothass
sedikit lebih agresive dari Smartass yang cepat naik dan turunkan frekuensi CPU,lebih sering di frekuensi terendah saat idle/sleep
plus: better battery life than Smartass.
minus: kelemahannya sama dengan Smartass
SmartassV2
Perubahan dari Smartass. Perlu diketahui, governor ini sangat digemari di quarter 3-4 ditahun 2011.untuk developer, SmartassV2 sangat nyaman, kecepatan menurunkan frekuensi sama dengan Conservative. SmartassV2 lebih sering berjalan di frekuensi middle, sejauh ini yang saya lihat rata” bejalan di frekuensi 518Mhz, naik ke frekuensi lebih tinggi secara bertahap, namun tidak sampai terjadi lag.
plus: Sama dengan Smartass, memiliki potensi lebih hemat battery, saat screenoff akan deepsleep (aplikasi bener” tertidur dan tidak ada aplikasi yang aktif kecuali beberapa aplikasi yang secara periode membutuhkan update data)
Minus: Sama dengan Smartass
LagFree
LagFree secara mendadak berjalan di frekuensi tertentu setelah hh idup, sistemnya sama dengan Conservative. namun saat down-scalling sangat lambat, butuh beberapa detik untuk menurunkan scaling.
plus: Anti lag
minus: sangat lambat untuk menurunkan frekuensi, gag bisa hemat battery
brazilianwax
Versi agresifnya dari Smartass, permintaan tinggi-rendahnya clock procie bisa lebih cepat
interactiveX
Versi tweak dari governor interaktif, biasanya ditambahakan fitur suspend/wake/deep idle. berguna untuk menyimpan daya tahan batere saat HH dalam keadaan screen off.
OndemandX
versi tweak dari governor OnDemand yang biasanya udah ditambahakan fitur wake/suspend/deep idle.
Tips menggunakan set cpu untuk menghemat penggunaan batere
1. Gunakan kernel yang disertai dengan berbagai macam governor.
2. Pada tab Main SetCPU gunakan :
Nilai Max = clock standard HH (contoh : Galmin = 600MHz, Gio = 800MHz, XMP = 1GHz). Kalo menggunakan nilai yang lebih kecil lagi (underclock) bisa menghemat batere, namun performa akan terasa sedikit “lag”.
Nilai Min = clock terendah yang disupport oleh kernel yang anda gunakan, bisa 1xxMHz atau 2xxMHz
Scalling/governor = Smartass v2/smartass. (pada keadaan default biasa ondemand)
3. Pada tab profile, centang enable kemudian click add profile
pilihlah profile “screen off”
masukkan nilai max = 1xxMHz atau 2xxMHz dan nilai minimum = clock terkecil yg disupport kernel
scalling = smartass/powersave
priority = 100.
Biasanya daya tahan batere bisa meningkat, hal ini disebabkan oleh management penggunaan procie yang lebih baik pada saat screen on dan menggunakan clock procie yg lebih kecil pada saat screen off. (dalam keadaan default, besarnya clock procie yang digunakan dalam keadaan screen on sama dengan pada keadaan screen off.

Untuk lebih info lebih lanjut bisa diliat pada thread berikut ini :
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1369817